Rabu, 17 Juli 2013

5 Inovasi teknologi terbaru di 2013

Setelah hampir memasuki pertengahan tahun 2013, mungkin kita berfikir inovasi apa lagi yang akan muncul mengingat pada zaman sekarang ini inovasi terhadap sesuatu sangat dibutuhkan, apalagi inovasi ini dapat membantu kemajuan usaha, sistem, bahkan keuangan kita. Sekarang semuanya serba berinovasi mulai dari fashion, makanan, bisnis, alat rumah tangga, dsb. Semua orang berlomba – lomba untuk menunjukkan inovasi terbarunya. Dan entah kenapa kebanyakan inovasi berbasis pada instan. Mungkin manusia zaman sekarang orang tidak mau lagi repot – repot lagi. Tidak hanya berbasis itu sih, tetapi inovasi juga dapat berbasis kecanggihan, nah ini dia yang ingin saya paparkan disini mengenai kecanggihan teknologi dalam mengahasilkan produk inovasi. Nah untuk menjawab kepenasaran anda tentang hal “canggih” yang berbasis inovasi teknologi tersebut ini saya paparkan beberapa produk tersebut :
 
 
1. TV layar transparan-inovasi teknologi terbaru dari Samsung
TV Layar Transparan – CES 2013 telah  dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2013. Masing – masing vendor bersaing mempromosikan produknya.
Banyak kabar produk dengan teknologi canggih yang bocor sebelum ajang bergengsi ini, sekarang di kabarkan bahwa raksasa elektronik asal korea selatan ini “Samsung” akan memperlihatkan kepada publik produk terbaru mereka yaitu sebuah TV Canggih dengan layar transparan dan datang dengan desain frame tanpa tepi.
TV Transparan TV Layar Transparan   Inovasi Teknologi Terbaru dari Samsung
TV dengan layar transparan merupakan sebuah perangkat terbaru dan tidak pernah ada sebelumnya, dan ini merupakan sebuah inovasi terbaru yang datang dari Samsung untuk jajaran produk TV nya.
Seperti apa saja kecanggihan yang akan diusung oleh TV Transparan ini. Pihak samsung mengatakan Inovasi TV Transparan ini dapat diubah menjadi sebuah platform smart TV atau TV Pintar, jika melihat pada gambar yang dibocorkan tersebut TV Transparan dari Samsung ini terlihat memiliki desain yang tipis dan terlihat seperti tidak memiliki tepi.
Samsung juga menulis pada blognya mengenai kehadiran TV Transparan ini:
“True Innovation of TV Design is coming up with an unprecedented new TV shape and timeless gallery design,” ungkap Samsung.
LG Google TV LG Google TV Terbaru dengan Remote Kontrol QWERTY
Dari gambar tersebut kita bisa mendeskripsikan bahwa TV buatan samsung ini akan benar-benar terllihat transparan, sebuah objek dibelakang layar tersebut dapat kita lihat dengan jelas, namun untuk fitur-fitur lain Samsung sengaja tidak membocorkan, karena memang ini salah satu bentuk metode bisnis, memberikan calon pelanggan penasaran.
2. Kertas Elektronik Pertama di Dunia dengan Display yang Fleksibel-inovasi teknologi dari LG
Teknologi Masa Depan dari LG, Kertas Elektronik Pertama di Dunia dengan Display yang Fleksibel
Beberapa waktu lalu, LG Electronic kembali memperkenalkan hasil inovasi terbarunya yaitu electronic paper display(EPD). Dengan produk teknologi masa depan yang Fleksibel”) barunya ini, LG Display telah berhasil mencetak satu lagi industri dengan meluncurkan kertas elektronik pertama di dunia e-paper untuk skala besar. Teknologi masa depanelectronic paper display (EPD) akan bertindak khususnya di sektor e-Book, meskipun diyakini juga akan merambah beberapa bidang tertentu.
Teknologi masa depan kertas elektronik fleksibel ini berukuran 6 inci dengan resolusi XGA 1024 x 768 piksel. Dengan bentuknya yang revolusioner ini, EPD diperkirakan akan mengubah dunia e-Book dengan fleksibilitasnya. Upaya LG Display dengan teknologi masa depan kertas elektronik ini dikatakan untuk memberikan sebuah pengalaman membaca pada kertas berkat adanya plastic substrat yang setipis pelindung ponsel. Sementara itu desain fleksibel memungkinkangadget ini untuk dilipat hingga 40 derajat dari tengah layar. Electronic Paper Display milik LG ini diklaim memiliki tebal 0.7 mm serta berat sekitar 14 gram, sehingga 33% lebih ramping dibanding dengan EPD kaca yang ada saat ini.
Sang Duck Yeo, Head of Operations for LG Display’s Mobile / OLED division mengungkapkan bahwa dengan hadirnya teknologi masa depan EPD plastik ini LG sekali lagi telah membuktikan reputasi dan inovasi dengan produk yang dipercaya akan sangat membantu mempopulerkan industri e-Book.
Dengan EPD dari LG yang lebih tipis dan lebih ringan Anda dapat membaca e-Book dalam waktu lama dan jauh lebih menyenangkan dibanding membaca menggunakan perangkat lain seperti tablet atu smartphone. Membaca menggunakan teknologi masa depan kertas elektronik buatan LG ini kemungkinan dapat mengurangi kelelahan mata dan juga konsumsi listrik yang lebih efisien.
Tidak hanya itu saja kehebatan kertas elektronik terbaru ini, LG bahkan telah bertaruh dalam daya tahannya. Dengan meletakkan plastik EPD melewati beberapa tahapan dengan cara berulang kali tes drop dari ketinggian 1.5 meter di atas tanah, dan hasilnya tanpa goresan atau kerusakan sedikitpun.
Teknologi masa depan EPD plastic buatan LG akan diproduksi secara besar-besaran oleh sebuah perusahaan manufaktur di Cina, dan segera dirilis ke Eropa sekitar awal bulan depan. Jadi, bagi kita yang ada di Indonesia ditunggu saja kapan kertas elektronik ini akan dirilis
3. Project Glass – Kacamata Google dengan Adaptasi Teknologi Smartphone dan Augmented Reality
http://imgsrv1.paseban.com/image/public/article/ed330af48bfc67782597e9d3161bb21ceb64ba599711555093d844c79572612b.png
Memiliki empat mata sama sekali tidak keren. Tetapi hal ini akan berbeda jika kacamata yang Anda pakai adalah kacamata yang sedang dikembangkan oleh Google saat ini.
Google beberapa waktu lalu telah merilis video yang menggoda tentang kacamata Augmented Reality tersebut, sepasang kacamata yang dapat berinteraksi dengan apa yang Anda lihat dan lakukan seperti layaknya sebuahsmartphone, agenda harian, belokan demi belokan dalam sistem navigasi, kamera dan masih banyak yang lain.
Google Glasses
Menurut Nick Bilton dari New York Times, kacamata Google yang dinamakan Project Glass ini memiliki bentuk seperti sebuah kacamata sport dengan bantalan kecil di atas hidung. Saat digunakan, tampilan antarmuka Google akan terintegrasi langsung di depan penglihatan Anda. Memiliki desain minimalis yang dilengkapi dengan microphone dan layar video transparan untuk menempatkan informasi melalui pemandangan dari mata kanan pengguna.
Project Glass merupakan sebuah kacamata yang telah terkomputerisasi. Ide dari Project Glass adalah kemampuanmultitasking yang memungkinkan Anda untuk dapat membaca appointment saat tengah menikmati secangkir teh panas, sambil melihat keluar jendela dan mengirimkan laporan cuaca pada teman Anda, membalas pesan saat makan siang dan yang lainnya. Konsep dari Project Glass ini juga mampu memberikan laporan tentang transportasi umum dan membiarkan kacamata Google tersebut membantu navigasi, misalnya untuk menemukan jalan pintas menuju Stasiun.
Kacamata ini berjalan dalam bentuk sistem operasi Google Android yang muncul baik dalam kontrol suara maupun kontrol pandangan yang kurang familiar. Sebuah ikon bar kecil mengapung tepat di atas pandangan pemakainya kemudian melihat ke atas, Anda dapat berinteraksi dengan ikon-ikon tersebut untuk melihat cuaca, mengirim pesan teks dan melakukan banyak hal dari apa yang dapat dilakukan sebuah smeartphon. Selain fungsionalitas smartphone, kacamata Google ini mencoba berinteraksi dengan dunia yang dilihat oleh pemakai dengan menambah atau melengkapi realitas yang dialami oleh pemakainya.
Saat ini Project Glass belum dijual secara bebas dan masih dalam tahap pengembangan yang dilakukan oleh Google (x), sebuah laboratorium rahasia milik Google. Karena proyek ini memang belum rampung sepenuhnya, Google juga meminta saran dari Anda mengenai Project Glass sebelum resmi dirilis ke publik. Meskipun belum ada jadwal kapan kacamata Google ini akan dirilis, Nick Bilton dari New York Times mengatakan bahwa karyawan Google akan melakukan uji coba kacamata ini kepada publik musim panas ini dan ini adalah generasi pertama dari kacamata Google yang kemungkinan akan dirilis akhir tahun ini.
4. Meja masa depan-inovasi produk dari LG
Teknologi Terbaru 2012 : Meja Masa Depan Microsoft Surface dan EXOdesk
Sobat mungkin sudah sering melihat video maupun film yang menampilkan kecanggihan teknologi terbaru untuk masa depan. Tapi apa jadinya jika hal tersebut menjadi nyata dan bisa sobat miliki? Saat ini mungkin fungsi meja bagi sobat hanya sebagai peralatan rumah tangga untuk meletakkan peralatan tulis menulis atau sekedar pengisi interior ruangan Microsoft membuat sebuah terobosan dengan teknologi yang diberi nama Microsoft Surface, dimana sebuah kombinasi antara meja, komputer, kamera, serta touch sensivity berukuran sebesar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi untuk berbagai aktivitas.
Pada meja besar yang menggunakan LCD touch screen 40 inci, Microsoft menempatkan sebuah smartphone pada layar, seketika Microsoft Surface akan mengenali perangkat tersebut dan menampilkan informasi mengenai perangkat serta memungkinkan untuk memilih model yang berbeda. Kabarnya, Microsoft telah mengkonfirmasi harga terbaru untuk meja masa depan yang akan mereka rilis pada tahun 2012 nanti di pasar Amerika sebesar $8.900.
Seperti halnya Microsoft Surface, teknologi terbaru masa depanlainnya, sebuah meja interaktif, EXOdesk, memungkinkan sobat untuk melakukan semua aktivitas pada virtual space. EXOdesk sebenarnya merupakan sebuah tabletop computer yang menawarkan layar high definition 40 inci, di mana kita bisa memanipulasi virtual object dengan menyentuh dan dragging. EXOdesk akan dirilis pada tahun 2012 mendatang dengan harga $1,299.
5. Mouse Scanner-inovasi produk dari LG
 LG meluncurkan sebuah perangkat yang merupakan salah satu dari teknologi terbaru 2013. Perangkat ini menggabungkan fungsi navigasi komputer (mouse) dan alat pemindai (scanner). Alat atau perangkat yang merupakan perangkat terbaru dari LG untuk tahun 2013 ini diberi nama LG Mouse Scanner. LG melalui LG Mouse Scanner menawarkan kejutan inovasi terkini serta keunikan fungsi di dalam perangkat terbaru ini.Dari segi tampilan, sangat terlihat jelas jika LG Mouse Scanner memiliki bentuk yang tak jauh berbeda dengan alat bantu navigasi komputer (mouse) lainnya. Perbedaan akan terlihat ketika kita melihatnya secara detail karena pada bagian samping kiri akan terlihat adanya tambahan dua tombol yang berfungsi sebagai tombol untuk mengaktifkan fungsi pemindaian (scan) dan tombol ‘Back’ untuk kembali ke menu sebelumnya. Selain itu, perbedaan yang terlihat paling menonjol yaitu pada bagian penampang dasar yang merupakan letak alat pemindai. LG Mouse Scanner dilengkapi dengan lensa optik beserta rangkaian perangkat pendukung yang berfungsi untuk mengenali obyek. Sama halnya seperti alat pemindai (scanner) lainnya. Dengan LG LSM-100, sobat dapat memodifikasi hasil pindaian yang berupa kombinasi dari teks, tabel dan gambar.Cara menggunakan alat atau perangkat ini pun cukup mudah. Sobat hanya perlu menekan tombol scan, lalu memblok seluruh bidang obyek yang ingin dipindai. Setelah itu, sobat hanya perlu geser hasil pindaian sebelumnya ke dalam laman Microsoft word atau Microsoft excel, perangkat ini akan secara otomatis hanya akan mengambil teks atau tabel dari hasil pindaian sebelumnya dalam format siap edit.
LG LSM-100 mampu memindai atau men-scan luas bidang mencapai ukuran A3. Sebagai salah satu perangkat teknologi terbaru 2012 yang tidak hanya digunakan sebagai alat bantu navigasi, tetapi juga dapat sebagai alat pemindai, LG Mouse Scanner ini dilengkapi dengan dua sensor laser berkekuatan 1200dpi, yang berfungsi untuk mengenali koordinat objek yang akan dipindai. Kedua sensor laser ini tidak akan merubah hasil pemindaian meski nantinya terjadi pengulangan proses pemindaian pada bidang yang sama. Dengan adanya dua sensor laser dari perangkat terbaru dari LG ini, tentunya sobat dapat men-scan dengan leluasa tanpa mempengaruhi hasil pemindaian.
Harga mouse unik (Mouse Scanner) LG LSM-100 dibanderol seharga US$129 atau sekitar Rp. 1 juta lebih.
Demikianlah hasil teknologi yang berhasil saya searching dari google dan dari sumber yang dicantumkan di bawah dengan sedikit perubahan oleh penulis. Apabila ada yang mau ditambahkah kan silahkan, apabila ada kesalahan saya minta maaf dan terimakasih kepada semua sumber yang telah saya kunjungi websitenya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat. Sebelumya saya mau menyamapikan kata bijak dulu “jika ingin menguasai Dunia, maka kuasai teknologi infomasi terlebih dahulu”. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar